Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 April 2011

SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

a.    Bahasa Melayu sebagai Dasar Pembentukan Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia yang sekarang sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara secara historis berasal dari bahasa Melayu. Awalnya bahasa Melayu dipakai di daerah Riau dan sekitarnya. Selanjutnya meluas ke seluruh pelosok Nusantara. Meluasnya bahasa Melayu disebabkan oleh status bahasa pada zaman Kerajaan Sriwijaya yang menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi kerajaan. Selain itu, jasa pedagang dan pelaut yang menggunakan bahasa Melayu sebagai alat komunikasi antarsuku, antarbudaya, dan antarpulau. Sejak saat itu bahasa Melayu menjadi Lingua Franca.

b.    Alasan Pemilihan Bahasa Melayu sebagai Dasar Pembentukan Bahasa Indonesia
·         Dibanding dengan bahasa Jawa, walaupun pemakai bahasa Jawa lebih banyak tetapi bukanlah bahasa Jawa yang dipilih sebagai dasar pembentukan bahasa Indonesia.
·         Hal itu disebabkan karena penutur bahasa Jawa hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa saja, berbeda dengan bahasa Melayu yang dipakai tersebar di seluruh pelosok Nusantara, terutama di daerah pantai berdekatan dengan pelabuhan. Dengan dipilihnya bahasa Melayu sebagai dasar pembentukan bahasa Indonesia, maka upaya untuk menasionalkan bahasa Melayu lebih mudah dan praktis.
·         Bahasa Melayu memiliki sifat kedemokratisan bahasaHal itu ditandai dengan tidak adanya tingkatan-tingkatan/jenjang dalam pemakaian bahasa (unggah-ungguh). Hal tersebut sangat cocok dengan kecenderungan masyarakat Indonesia yang bercorak tidak menonjolkan tingkatan/kasta.
·         Bahasa Melayu lebih terbuka dan mudah disesuaikan dengan perkembangan zaman dan pengaruh dari luar.

c.    Kelahiran Bahasa Indonesia
Kelahiran secara Politis
Bahasa Melayu semakin lama semakin kaya dengan adanya pengaruh dari berbagai bahasa lain sampai menjelang akhir tahun 1928 secara resmi masih tetap bernama bahasa Melayu, walaupun dari segi fungsinya sudah tidak lagi mencerminkan sebagai bahasa daerah.
Atas dasar kesadaran para pemuda akan pentingnya bahasa sebagai alat pemersatu bangsa, maka dalam Kongres Pemuda di Jakarta tanggal 28 Oktober 1928 dicetuskan ikrar politik yang disebut Sumpah Pemuda


Kelahiran secara Yuridis
Sumpah Pemuda
n  Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa yang satoe bangsa Indonesia
n  Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertanah air yang satu tanah air Indonesia
n  Kami poetra dan poetri Indonesia menjoenjoeng bahasa persatoean bahasa Indonesia
Sejak diikrarkannya Sumpah Pemuda tersebut berarti secara resmi bahasa Indonesia terlahir. Namun demikian, karena kelahiran itu terwujud dalam rangka ikrar politis, maka kelahiran tersebut juga disebut kelahiran secara politis
Kelahiran Bahasa Indonesia secara Yuridis
n  Upaya pemuda mengusir penjajah dengan modal semangat persatuan akhirnya membuahkan hasil berupa kemerdekaan bangsa Indonesia yang diproklamasikan oleh Bung Karno dan Bung Hatta (atas nama bangsa Indonesia) tanggal 17 Agustus 1945. sehari kemudian, tanggal 18 Agustus 1945 (UUD 45) diundangkan, yang salah satu pasalnya, yakni Bab XV pasal 36 Berbunyi: Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia. Dengan demikian, bahasa Indonesia secara resmi, secara yuridis, telah dinyatakan sebagai bahasa Negara dan bahasa Resmi.
3. Bahasa yang Mempengaruhi Bahasa Indonesia
  1.   Bahasa Sansekerta
Bahasa Sansekerta masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya budaya dan agama Hindu ke Indonesia yang terjadi pada abad ke-5 dan mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-7. Kata-kata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Sansekerta berkaitan dengan agama, budaya, nama-nama yang bersifat monumental, semboyan, ajaran, dan sebagainya.
Contoh: negara, raja, bangsa, permaisuri, singgasana, agama, dewa, pujangga, sorga, dll.
Pengaruh bahasa Sansekerta yang masih dipakai adalah akhiran –wan, -man, dan –wati (budayawan, seniman, seniwati, karyawati).
b.      Bahasa Arab
Masuknya bahasa Arab bersamaan masuknya budaya dan agama Islam yang dibawa oleh pedagang bangsa Arab, baik berasal dari Hadramaut maupun Persi pada akhir abad ke-15. kata-kata bahasa Arab kebanyakan berkaitan dengan kehidupan keagamaan Islam.
Contoh: akhlak, akhir, azab, akhirat, khotbah, zakat, sholat, dll.
c.       Bahasa Belanda
Masuknya bahasa Belanda bersamaan dengan masuknya bangsa Belanda ke Indonesia mulai abad ke-17. kedatangan mereka awalnya bertujuan mencari rempah-rempah kemudian meluas memonopoli perdagangan, dan akhirnya menguasai wilayah kita sebagai daerah jajahan. Contoh: atret, asisten, amtenar, advokat, arsip, abonemen, gubernur, residen, provinsi, kondektur, masinis, sopir, sepur, bangku, buku, lampu, sekolah, resep, prangko, wesel, eksemplar, rusak, sakelar, bolam, blangko, tas, handok, potlot, grip, dll.

D. Bahasa Inggris
Pengaruh bahasa Inggris terjadi setelah bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia. Pada saat masih bernama bahasa Melayu pengaruh itu tidak terjadi, karena bangsa Inggris tidak pernah berkuasa di Indonesia, kecuali di daerah Bengkulu. Berbeda dengan bahasa Sansekerta, bahasa Arab, dan bahasa Belanda yang masuk ke bahasa Melayu lewat kontak budaya, agama, politik penjajahan, maka bahasa Inggris masuk ke bahasa Indonesia melalui jalur ilmu pengetahuan dan teknologi. Contohnya analisis, tesis, sintesis, hipotesis, struktural, ideal, instruksional, manajemen, akuntan, dll.
E. Bahasa Asing Lain
Bahasa Portugis          : lentera, bendera, jendela, lemari, dll.
Bahasa Tamil  : logam, mempelam, pualam, gembala
Bahasa Perancis          : trotoar, abator, urinoar, salut
Bahasa Parsi               : pasar, kenduri, peduli
Bahasa China  : bakmi, bakso, bakwan, capjae, taoge
Bahasa Jepang            : kimono, judo, taiso, karate, samurai
F. Bahasa Daerah
Bahasa Jawa               : bisa, lestari, rampung, lugu, tempe
Bahasa Sunda  : nyaho, oncom
Bahasa Banjar : gambut
Bahasa Irian                : koteka
Bahasa Batak  : horas
Bahasa Minang           : rendang, inang, datuk
Bahasa Palembang     : mpek-mpek

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Trimakasih atas informasi nya.
    #ask #koreksi pada bagian E. Bahasa asing lain : Bahasa parsi itu Persia ya?

    BalasHapus